Minggu, 10 Juli 2016

Email Client Gratis Untuk Pengguna Windows


Email client, klien email atau agent surat elektronik adalah sebuah program perangkat lunak komputer yang digunakan untuk mengakses dan mengelola email atau surat elektronik pengguna. Pada dasarnya email client hampir sama dengan aplikasi web (webmail) yang menyediakan fungsi-fungsi manajemen pesan, komposisi, dan penerimaan pesan. Hanya saja bisa menggantikan peran browser untuk mengelola email, mendownload semua email dari akun email kemudian dibaca secara offline tanpa harus terhubung dengan internet.

Ada beberapa manfaat menggunakan email client dalam mengelola email, diantaranya:
  • Memungkinkan bisa lebih menghemat waktu dalam mengakses email, karena tidak diperlukan lagi waktu untuk mengakses halaman webmail dan melakukan login.
  • Menghemat biaya jika menggunakan koneksi internet yang tidak 24 jam, seperti paket internet seluler atau dengan Modem Dial Up. Karena aplikasi email client kita bisa mendowload semua email kedalam komputer lokal dan menyimpannya. Setelah selesai mendowload, bisa langsung memutuskan koneksi dan membaca email secara offline.
  • Dapat menyimpanan semua email ke komputer, sehingga dapat menjadi backup dan data yang dapat dibawa kemana-mana tanpa harus login lagi ke mailbox.
  • Bisa mengelola beberapa account sekaligus.
  • Keamanan email akan lebih baik apabila melakukan update aplikasi email client secara berkala.

Saat ini ada banyak sekali perangkat lunak atau software email client baik yang gratis ataupun berbayar. Sistem operasi windows juga sudah menyediakan Outlook sebagai email client utama untuk para penggunanya. Dan jika ingin mencoba menggunakan email client yang lainnya, berikut ini adalah beberapa contoh email client gratis yang bisa digunakan untuk mengelola email dan sudah suport bahasa Indonesia.

Email Client Mozilla Thunderbird
Mozilla Thunderbird

Browser Mozilla menyediakan email client Thunderbird. Ini merupakan email client yang paling banyak diunduh, mempunyai fitur lengkap, aman dan sangat fungsional juga bisa digunakan sebagai RSS feed reader. Ini memungkinkan menangani surat elektronik secara efisien dengan berbagai fitur termasuk menyaring spam email atau sampah (junk mail). Ekstensi Mozilla Thunderbird juga memungkinkan akses mail POP3 dan IMAP dari layanan webmail seperti Gmail, Yahoo, Hotmail, Lycos, Mail dan yang lainnya.

Windows Live Mail 

Windows Live MailWindows Live Mail adalah klien email dari Microsoft yang bisa di-download melalui Windows Essentials suite. Windows Live Mail adalah pengganti Windows Mail pada Windows Vista, yang merupakan penerus Outlook Express pada Windows XP. Sama dengan Thunderbird WLM juga sangat mudah dihubungan dengan account email berbasis web seperti Hotmail, Gmail, dan Yahoo!. Untuk dukungan untuk RSS feed, WML mempunyai fitur untuk langsung membalas melalui email ke penulis yang muncul di feed RSS dan menyimpan beberapa feed ke dalam satu folder. .

Opera Mail

Email Client Opera MailBrowser Opera juga menyediakan email client yang sama mendukung akses email POP dan IMAP serta berita RSS feed. Opera Mail adalah klien email yang ringan dan mudah disesuaikan seperti membaca, memberi label, dan memfilter pesan masuk. Sinkronisasi baik dengan berbagai layanan webmail untuk IMAP. termasuk perlindungan spam serta mendukung koneksi TLS / SSL. Opera mail bisa jadi alternatif terbaik jika ingin memakai email client gratis.

Selain email client di atas, ada banyak software email client gratis lainnya yang bisa digunakan namun belum mendukung bahasa Indonesia. Beberapa email client yang biasa dipakai diantaranya: eM Client, Inky, Claw Mail, Fox Mail, Incredimail, Sylpheed, InScribe, DreamMail, Mulberry, Pegasus Mail dan yang lainnya bisa dilihat daftar email client disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar